Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus

Rabu, Maret 25th 2015.

Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus

Masing-Masing Tipe Diabetes Mellitus Memilki Faktor Penyebab Dan Pemicu Yang Khas Dan Tidak Bisa Dicampuradukan Satu Sama Lainnya.

  • Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 1

Diabetes Tipe 1 Ini Terjadi Karena Ketidakmampuan Organ Pancreas Di Dalam Memproduksi Hormone Insulin. Ketidakmampuan Produksi Insulin Ini Umumnya Terjadi Adanya Kerusakan Pada Organ Pancreas.

Lalu Apakah Penyebab Rusaknya Organ Pankreas Ini? Diantaranya:

  1. Karena Faktor Genetik

Yaitu Organ Pancreas Rusak Karena System Imun Tubuh Sendiri Secara Spesifik Menyerang Dan Merusak Sel-Sel Pancreas. Terjadi Kesalahan Pesan Dari System Imun Yang Terjadi Secara Genetic Atau Faktor Keturunan. Jadi Bila Ada Keluarga Inti Anda Terkena Diabetes Maka Ada Kemungkinan Untuk Anda Berpotensi Mengidap Penyakit Diabetes. Namun Perlu Anda Ketahui Bahwa Terangsangnya Faktor Genetic Sangat Dipengaruhi Oleh Faktor Lingkungan. Jadi Selama Anda Bisa Mengendalikan Faktor Lingkungan . Jadi Selama Anda Bisa Mengendalikan Faktor Lingkungan, Maka Anda Tidak Perlu Khawatir.

  1. Infeksi Virus Tertentu

Adanya Infeksi Virus Tertentu Pada Pancreas Sangat Berpotensi Untuk Rusaknya Sel-Sel Pancreas. Akibatnya Produksi Insulin Menjadi Sangat Terbatas Atau Bahkan Tidak Ada Sama Sekali.

 

  • Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2

Diabetes Mellitus Tipe 2 Terjadi Sebagai Akibat Dari Tidak Mampunya Tubuh Untuk Memanfaatkan Hormone Insulin Karena Telah Terjadi Resistensi Tubuh Terhadap Hormone Tersebut. Organ Pancreas Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Ini Masih Berfungsi Normal Didalam Memproduksi Hormone Insulin Namun Hormone Yang Dihasilkan Tidak Bisa Dimanfaatkan Oleh Tubuh Sehingga Gula Tidak Bisa Masuk Ke Dalam Sel Dan Menumpuk Dalam Darah.

Diabetes Tips 2 Ini Umumnya Terjadi Pada Kalangan Dewasa Tidak Seperti Tipe 1 Yang Kebanyakannya Terjadi Pada Anak-Anak Dan Remaja. Lalu Apa Penyebab Diabetes Meliputi Tipe 2 Ini ?

 

Para Pakar Kesehatan Telah Banyak Menerangkan Bahwa Penyebab Diabetes Tipe 2 Ini Karena Kombinasi Faktor Genetik Dan Faktor Lingkungan.

  1. Faktor Genetik Atau Turunan Banyak Penderita Diabetes Tipe 2 Memiliki Anggota Keluarga Yang Juga Mengidap Penyakit Diabetes Tipe 2 Atau Masalah Kesehatan Lain Yang Berhubungan Dengan Diabetes, Misalnya Kolestrol Darahyang Tinggi, Hipertensi, Atau Obesitas. Untuk Faktor Genetik Memang Sangat Sulit Untuk Dihilangkan. Yang Bisa Kita Lakukan Adalah Dengan Kita Mengendalikan Faktor Lingkungan Sebagai Faktor Perangsang Untuk Bangkitnya Faktor Genetic. Selama Faktor Lingkungan Bisa Kita Kendalikan, Insya Allah Kita Akan Terbebas Dari Penyakit Yang Mematikan Ini
  2. Faktor Lingkunga Yang Sangat Mempengaruhi Untuk Seseorang Berpotensial Terserang Penyakit Diabetes Adalah Pola Makan Dan Pola Hidup Yang Jelek. Pola Makan Yang Terbiasa Dengan Makanan Yang Banyak Mengandung Lemak Dan Kalori Tinggi Sangat Berpotensi Untuk Meningkatkan Resiko Diabetes.

Adapun Pola Hidup Jelek Adalah Pola Hidup Yang Tidak Teratur Dan Penuh Tekanan Kejiwaan Seperti Stres Yang Berkepanjangan, Perasaan Khawatir Dan Takut Yang Berlebihan Dan Jauh Dari Nilai-Nilai Spiritual Diyakini Sebagai Faktor Terbesar Untuk Seseorang Gampang Terserang Penyakit Berat Baik Diabetes Maupun Penyakit Berat Lainnya. Di Samping Itu Aktifitas Fisik Yang Rendah Juga Berpotensi Untuk Seseorang Terjangkit Penyakit Diabetes. Akan Lebih Dahsyat Lagi Ketika Semua Faktor Lingkungan Ini Bertemu Dengan Faktor Genetik. Anda Tentu Bisa Membayangkan Bukan ?

 

  • Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 3

Karena Tipe Ini Merupakan Gabungan Dari Tipe 1 Dan Tipe 3 Maka Penjelasan Akan Penyebabnya Pun Tidak Jauh Dari Penjelasan Akan Penyebab Diabetes Tipe 1 Dan 2.

 

Diabetes Yang Dialami Ibu Hamil

Diabetes Juga Bisa Dialami Oleh Ibu Hamil. Ini Terjadi Karena Wanita Yangpada Saat Hamil Kadang-Kadang Memiliki Kadar Zat Gula Darah Yang Sangat Tinggi Selama Masa Kehamilan Sehingga Tubuh Tidak Dapat Memproduksi Cukup Insulin Untuk Menyerapnya.

Jenis Diabetes Yang Dikenal Sebagai Diabetes Kehamilan Ini Terjadi Pada Sekitar Satu Orang Di Antara 20 Wanita Hamil Dan Umumnya Akan Sembuh Setelah Bayi Dilahirkan. Tetapi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2 Yang Lebih Tinggi (Sekitar Tiga Kali) Dimiliki Wanita Yang Pernah Mengalami Diabetes Kehamilan.

Diabetes Kehamilan Dapat Mempertinggi Resiko Komplikasi Pada Janin. Karena Itu Sangat Penting Bagi Penderita Diabetes Yang Sedang Hamil Untuk Menjaga Keseimbangan Kadar Gula Darahnya.

 

Komplikasi Yang Diakibatkan Oleh Diabetes

Diabetes Dapat Mengakibatkan Sejumlah Kompilasi Jika Diabaikan. Kadar Zat Gula Darah Yang Tinggi Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Pembuluh Darah, Saraf, Dan Organ Tubuh. Peningkatan Kadar Gula Yang Ringan Tanpa Memicu Gejala Pun Bisa Mengakibatkan Dampak Jangka Panjang.

 

 

Saran-Saran Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes.

Penderita Diabetes Tipe 2 Sebaiknya Menjaga Kesehata Dengan Cermat. Melalui Sebuah Pemantauan Kesehatan, Proses Pengobatan Yang Dijalani Penderita Akan Lebih Lancer, Sekaligus Dapat Meminimalisasi Riskio Kompilasi. Langkah-Langkah Berikut Ini Juga Bisa Membantu Bagi Penderita Diabetes.

  • Menerapkan Pola Makan Yang Sehat Dan Seimbang.
  • Teratur Dalam Berolahraga .
  • Membatasi Konsumsi Minuman Keras.
  • Berhenti Merokok.