Gejala Maag Dan Penyembuhannya

Sabtu, Maret 28th 2015.

Penyakit Maag Atau Biasa Disebut Juga Dengan Nama Gastritis Merupakan Suatu Keadaan Kesehatan Dimana Terjadi Pembengkakan, Peradangan Atau Iritasi Pada Lambung. Penyakit Ini Biasanya Menyerang Tiba-Tiba Dan Berlangsung Singt, Namun Ada Saatnya Juga Merupakan Bagian Penykit Kesehatan Yang Serius Dan Berlangsung Cukup Lama. Banyak Orang Menganggap Penyakit Maag Sebagai Penyakit Yang Ringan Dan Tida Perlu Dikhawatirkan. Pengobatan Penyakit Maag Bisa Dilakukan Dengan Cara Meninggalkan Kebiasaan Hidup Yang Buruk Dan Memulai Hidup Sehat, Pengobatan Kesehatan Modern Dan Juga Pengobatan Alternative Atau Tradisional.

Penyakit Maag Pada Dasarnya Dibagi Menjadi 2 Bagian Yaitu:

  1. Penyakit Maag Kronis

Penyakit Maag Sering Terjadi Karena Beberapa Kondisi Kesehatan Yang Tidak Baik. Yang Sering Sekali Terjadi Dan Kerap Ditemui Adalah Peradangan Pada Lambung Muncul Akibat Bakteri Bernama Helicobacter Pylori. Bakteri Yang Juga Dikenal Sebagai Bakteri Yang Bisa Memicu Borok Pada Lambung. Penyakit Maag Yang Disebabkan Oleh Bakteri Tersebut Disebut Sebagai Maag Kronis. Perlu Diketahui, Infeksi Yang Disebabkan Oleh Bakteri Helicobacter Pylori Bisa Sangat Membahayakan. Pengobatan Penyakit Maag Kronis Tidak Bisa Dianggap Sepele Sama Sekali Karena Dapat Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Lambung.

 

  1. Penyakit Maag Akut

Selain Penyakit Maag Kronis, Penyakit Maag Akut Juga Merupakan Penyakit Yang Paling Banyak Didapati. Penyebab Penyakit Maag Akut Terjadi Karena Disebabkan Oleh Factor Stress, Pemakaian Zat-Zat Kimia Tertentu, Konsumsi Minuman Keras, Serta Kebiasaan Menyantap Makanan Yang Terlalu Pedas Atau Terlalu Asam. Ketika Seseorang Mengalami Stress, Akan Muncul Perangsangan Saraf Simpatis NV Atau Nervus Vagus, Yang Serta Akan Meningkatkan Produksi Asam Klorida (HCI) Di Lambung. Naiknya Produksi Asam Klorida Di Dalam Lambung Akan Menyebabkan Rasa Mual, Muntah-Muntah Dan Juga Anoreksia. Namun, Penyakit Maag Akut Bisa Diobati Dengan Cara Merubah Gaya Hidup Sehat Dan Menjadi Lebih Baik.

Berikut Gejala-Gejala Yang Terdapat Pada Penderita Maag, Diantaranya:

  • Rasa Nyeri Di Perut Dan Perut Terasa Terbakar
  • Perut Terasa Kembung Dan Selalu Terus Bersendawa
  • Terasa Mual Dan Ingin Muntah
  • Kurangnya Nafsu Makan
  • Selalu Cegukan
  • Diare

Berikut Penyebab – Penyebab Terjadinya Penyakit Maag, Antara Lain:

  • Kopi, Teh Atau Minuman Yang Mengandung Kafein

Karena Kafein Dapat Mengendurkan Lower Esophageal Spinchter (LES), Katup Antara Lambung Dan Kerongkongan Sehingga Memicu Gas Di Lambung Naik Hingga Kerongkongan.

  • Cokelat

Karena Coklat Memiliki Kandungan Konsentrasi Teobromin Atau Sebuah Senyawa Secara Alami Ada Di Tanaman Seperti Cocoa, Teh , Dan Kopi, Yang Dapat Melemaskan Otot LES, Menimbulkan Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan.

  • Makanan Berminyak Dan Berlemak

Karena Makanan Berlemak Dan Berminyak Cenderung Lama Untuk Dicerna, Membuat Makanan Tinggal Lebih Lama Di Lambung. Hal Ini Dapat Menghasilakan Peningkatan Tekanan Di Lambung, Yang Pada Akhirnya Akan Meningkatkan Tekanan Terjadinya Pelemahan LES. Jika LES Melemah Asam Lambung Akan Naik Ke Kerongkongan.

 

  • Tomat Dan Produk Berbahan Dasar Tomat

 

  • Alkohol

Alkohol Berfungsi Melenturkan Katup LES, Sehingga Menyebabkan Refluks, Atau Berbaliknya Asam Lambung Ke Kerongkongan Dan Alcohol Juga Meningkatkan Produksi Asam Lambung.

 

  • Rokok

Asap Rokok Terkandung Bahan Kimia Yang Dapat Melemahkan Katup Saat Melewati Paru – Paru Masuk Ke Dalam Darah

 

  • Makan Dalam Porsi Yang Banyak

Perut Yang Penuh Dapat Memberikan Tekanan Ekstra Pada Katup LES, Yang Dapat Meningkatkan Peluang Terjadinya Kejadian Berbaliknya Sejumlah Makanan Ke Kerongkongan.

 

  • Buah Asam Dan Jus

Buah-Buahan Yang Mepunyai Rasa Asam Yang Tinggi Akan Memicu Timbulnya Sakit Maag

 

  • Makan Antara 2-3 Jam Sebelum Tidur

Tiduran Dengan Perut Yang Penuh Dapat Menyebabkan Isi Perut Menekan Katup LES, Meningkatkan Peluang Terjadinya Refluks Makanan Ke Kerongkongan.

 

  • Pakaian Terlalu Ketat

Pakaian Yang Terlalu Ketat Disekitar Perut Akan Menekan Perut, Sehingga Makanan Akan Terdorong Naik Mendorong Ke Katup LES. Pakaian Yang Dapat Menimbulkan Masalah Semacam Ini Antara Lain Korset Dan Mengencangkan Ikat Pinggang Terlalu Ketat.

Selain Itu Penyakit Ini Dipercaya Memiliki Beberapa Jenis Minuman Dan Makanan Yang Kurang Baik Untuk Dikonsumsi Yaitu:

  • Minuman Yang Merangsang Pengeluaran Asam Lambung Antara Lain: Kopi, Anggur Putih, Sari Buah Sitrus, Dan Susu.
  • Makanan Yang Sangat Asam Atau Pedas Seperti Cuka, Cabai Dan Merica (Makanan Yang Merangsang Perut Dan Dapat Merusak Dinding Lambung)

 

  • Makanan Yang Sulit Dicerna Dan Dapat Memperlambat Pengosongan Lambung. Karena Hal Ini Dapat Menyebabkan Peningkatan Perenggangan Di Lambung Yang Akhirnya Dapat Meningkatkan Asam Lambung Antara Lain Makanan Berlemak, Kue Tar, Coklat Dan Keju

 

  • Makanan Dan Minuman Yang Banyak Mengandung Gas Dan Juga Yang Terlalu Bayak Serat, Antara Lain :
  1. Sayur – Sayuran Tertentu Seperti Sawi Atau Kol
  2. Buah – Buahan Tertentu Seperti Nangka Dan Pisang Ambon
  3. Makanan Berserat Tinggi Tertentu Seperti Kedondong Dan Buah Yang Dikeringkan
  4. Minuman Yang Mengandung Banyak Gas Seperti Minuman Soda.

Mengobati Maag

Maag Bisa Disembuhkan Tetapi Tidak Bisa Sembuh Total, ,Maag Adalah Penyakit Yang Dapat Kambuh Apabila Si Penderita Tidak Makan Teratur, Terlalu Banyak Makan, Atau Sebab Lain. Biasanya Untuk Meredakan Atau Menyembuhkannya Penderita Harus Mengkonsumsi Obat Jika Diperlukan. Tetapimaag Dapat Dicegah, Yaitu Dengan Cara Makan Teratur, Makan Secukupnya, Cuci Tangan Sebelum Makan Dan Jangan Jajan Sembarangan.

Obat-Obatan Untuk Sakit Maag Umumnya Dimakan Dua Jam Sebelum Makan Dan Dua Jam Sesudah Makan.

Obat – Obatan Yang Biasanya Digunakan:

  1. Antasida (Menetralisir Asam Lambung Dan Menghilangkan Rasa Nyeri)
  2. Pompa Proton Pencegah Pertumbuhan Bakteri (Menghentikan Produksi Asam Lambung Dan Menghambat Infeksi Bakteri Helicobacter Pylori)
  3. Agen Cytoprotektif (Melindungi Jaringan Mukosa Lambung Da Usus Halus)
  4. Obat Anti Sekretorik (Mampu Menekan Sekresi Asam)
  5. Pankreatin (Membantu Pencernaan Lemak, Karbohidrat, Protein Dan Mengatasi Gangguan Sakit Pencernaan Seperti Perut Kembung, Mual, Dan Sering Mengeluarkan Gas)
  6. Ranitidine (Mengobati Tukak Lambung)
  7. Simetidine (Mengobati Dyspepsia)

Penyakit Maag Biasanya Disebabkan Oleh Tingginya Kadar Asam Dalam Lambung. Tingginya Kadar Asam Lambung Disebabkan Produksi Asam Yang Berlebihan Atau Penghancuran Asam Yang Lambat. Dapat Juga Disebabkan Kelainan Saraf Atau Infeksi Bakteri. Cara Mengobati Maag Yang Paling Sederhana Adalah Dengan Tidak Telat Makan Dan Menghindari Makanan Yang Mengandung Gas Berlebih.